Langsung ke konten utama

INTERNSHIP PERUSAHAAN

 Magang di Perusahaan yang bergerak pada bidang Penjualan Mobil dan Perbaikan Mobil

        Aku ingin cerita sedikit tentang pengalamanku magang (bahasa kerennya sih internship, hehe) di salah satu perusahaan industri mobil di kota Kendari. Jadi Aku magang di Perusahaan ini karena kerja sama dengan Balai Tenaga Kerja dibawah naungan kementrian Tenaga Kerja. Aku magang di perusahaan ini seorang diri  karena teman yang seharusnya partner denganku tidak tertarik untuk magang di perusahaan tersebut, jadi akhirnya aku sendiri deh.


        Awalnya waktu hari itu, aku bersama teman-temanku yg lain datang ke Balai Latihan Kerja untuk mengambil surat pengantar yang akan dibawah ke perusahaan yang sudah ditentukan oleh kami masing-masing. Ada yang magang di perusahaan dealer mobil, kantor pos, dan koperasi. Setelah aku diberikan surat pengantar, aku pun langsung bergegas di perusahaan dealer mobil. 


        Setelah sampai disana aku menuju ke bagian pelayanan atau customer service untuk bisa bertemu dengan pimpinan perusahaan (lebih tepatnya sih kepala bengkel) kemudian customer service nya menyuruh aku untuk menunggu. Tak lama setelah menunggu akhirnya aku bertemu dengan kepala bengkel dengan membawa surat pengantar magang diperusahaan itu. Setelah berbincang-bincang dengan kepala bengkel diantaranya tentang peraturan di perusahaan dan juga jadwal masuk kerja di kantor tersebut. (Kepala kantor ini sebenarnya merupakan instruktur di Balai Latihan Kerja) jadi ketika berbincang dengan dia santai dan mudah dipahami penjelasan yang diberikan dan terkadang ada nasehat-nasehat dan pengalaman ketika menjadi pemateri di Balai latihan Kerja.Setelah berbincang cukup lama akhirnya saya balik kerumah, dan mulai magang di esok harinya.


        Keesokan harinya telah tiba, aku diantar sama cs menuju ke ruangan admin service, admin service ini bertugas diantaranya membuat invoice service kendaraan mobil, dan mencetak invoice, kemudian mengarsipkan invoice. (Invoice artinya nota yah gaess) jadi invoice ini ada yang diarsipkan dibagian admin service dan juga bagian kasir. 


        Di tempat magang ini aku mendapat teman baru dan juga atasan yang sangat mengerti karyawannya. Namun dia juga tegas dan bahkan marah marah ketika ada kesalahan yg di perbuat oleh karyawannya, Tetapi amarahnya cepat reda dan hilang. Ini kata salah satu karyawan disitu, aku juga memperhatikan yah benar, atasan itu kalo marah hanya sebentar, setelahnya akan reda..

 

        Oh iya karyawan yang memberitahukan ku ini merupakan salah satu anak kesayangannya sih.. hehe. Soalnya beban kerja yang diberikan cukup banyak dan dia juga cekatan dalam menggunakan aplikasi perusahaan.

 

        Kurang lebih 20 hari selama aku bekerja disana, cukup nyaman dan menyenangkan kerja di perusahaan tersebut, pada saat hari terakhir kerja sebenarnya ada perasaan untuk berlama-lama kerja di kantor tersebut namun karena waktu yang diberikan hanya 20 hari jadi yah aku pamit dari kantor tersebut, yang selanjutnya aku kembali ke Balai Latihan kerja untuk memperlihatkan buku laporan setelah magang di perusahaan tersebut. Kemudian aku menunggu sertifikat sebagai hasil dari Pelatihan dan Magang di perusahaan itu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Pesan Inspiratif dari Guru untuk Murid: Menumbuhkan Semangat Belajar dan Karakter Positif

Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk masa depan generasi penerus bangsa. Selain mentransfer ilmu pengetahuan, guru juga memberikan arahan dan motivasi yang sangat berharga. Pesan-pesan yang disampaikan oleh guru tidak hanya berfokus pada materi pelajaran, tetapi juga mencakup pembentukan karakter dan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa pesan inspiratif yang dapat memberikan motivasi dan arahan kepada para murid agar terus berkembang, baik dalam hal akademik maupun dalam hal pribadi. 1. Jangan Pernah Takut Gagal Pesan pertama yang penting adalah mengajarkan murid untuk tidak takut gagal. Gagal bukanlah akhir dari segalanya, tetapi sebuah pelajaran yang dapat membawa kita lebih dekat pada kesuksesan. "Gagal adalah bagian dari proses belajar. Setiap kegagalan mengajarkan kita bagaimana cara untuk lebih baik lagi. Jangan takut gagal, karena dari kegagalan kita bisa menemukan cara yang lebih tepat untuk meraih tujuan." 2. Proses Lebi...

Sekilas Mengenai Ilmu Ekonomi

     Berbicara tentang ekonomi tidak terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Segala sesuatu yang berhubungan dengan uang atau finansial manusia sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup selalu dikaitkan dengan ekonomi.

Bagian 4 Soal Akuntansi "Menyusun Jurnal Penyesuaian"

Studi Kasus:   Data Penyesuaian yang terjadi pada tanggal 31 Desember 2020 adalah sebagai berikut: Kerugian Piutang ditaksir 1 % dari penghasilan Perlengkapan fotografi yang masih ada di Gudang Rp70.000.000,- Perlengkapan Kantor yang habis dipakai Rp11.300.000,- Sewa Gedung telah terpakai Rp16.000.000,- Masih harus terima bunga atas uang yang ada di bank Rp1.150.000,- Masih harus dibayar gaji pegawai Rp12.000.000,- Penghasilan sewa yang diterima dimuka Rp6.000.000,- Penyusutan peralatan Fotografi 20% dan peralatan kantor 10% per tahun. Dari data di ata, Anda diminta membuat: a. Jurnal Penyesuaian Penjelasan: Kerugian piutang diperoleh dari 1 % dikali penghasilan yaitu 1% X Rp957.650.000,- = Rp9.576.500 (Debet) dan Cadangan kerugian piutang (Kredit) Beban perlengkapan fotografi berarti perlengkapan yang terpakai yaitu Perlengkapan awal Rp96.200.000,- dikurangi  perlengkapan akhir/sisa Rp70.000.000,- sama dengan Rp26.200.000,-. (Debet) dan Perlengkapan fotografi (kredit) ...