Langsung ke konten utama

Tugas Mengenai Monopoli Pasar

 

SOAL FINAL MIKRO EKONOMI I

 

1.       Seorang monopolis menjual produk dengan fungsi permintaan konsumen: Q = 25 – 0,25P dan fungsi biaya dari perusahaan monopoli adalah: C = 50 + 20Q.

Keterangan:      Q = jumlah output

                        P = harga output per satuan

                        C = biaya total produksi

Diminta:

a.       Besarnya Q yang dihasilkan agar diperoleh laba maksimum dan besarnya tingkat harga (P) di pasar!

b.      Laba maksimum yang diperoleh!

Jawab:

Q = 25 – 0,25P ===> 0,25P = 25 – Q

                                    P = 25 / 0,25 – Q / 0,25

                                    P = 100 – 4Q

 

C = 50 + 20Q                           ==========>  MC = ∂C / ∂Q = 20

R = P x Q = (100 – 4Q) Q

            R = 100Q – 4Q2                        ==========> MR = ∂R / ∂Q = 100 – 8Q

 


a.       Syarat keuntungan maksimum:

MR = MC

    100 – 8Q = 20

    100 – 20 = 8Q

              80 = 8Q

               Q = 10

Besarnya Q adalah 10

Subt. Q = 10 pada Pers. P

P = 100 – 4Q

   = 100 – 4(10)

   = 100 – 40

P = 60

Besarnya P adalah 60

b.       Laba maksimum:

Π = R – C

          =  100Q – 4Q2 – (50 + 20Q)

          = 100Q – 4Q2 – 50 – 20Q

          = 80Q – 4Q2 – 50

          = 80(10) – 4(10x10) – 50

          = 800 – 400 – 50

      Π = 350

Besarnya laba maksimum adalah 350

 


2.       Jawablah pertanyaan berikut!

a.       Sebutkan ciri-ciri pasar monopoli dan sebutkan pula hal-hal yang menimbulkan monopoli! (masing-masing minimal 3)

Jawab:

ü  Ciri-ciri pasar monopoli:

1.       Hanya ada 1 penjual yang menguasai penawaran

2.       Tidak ada subtitusi produk yang mirip

3.       Terdapat hambatan masuk ke pasar

4.       Harga ditentukan oleh perusahaan (price setter)

5.       Pembeli tidak mempunyai pilihan lain dalam membeli barang

6.       Keuntungan hanya terpusat pada 1 perusahaan

7.       Promosi iklan kurang diperlukan

8.       Seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak

ü  Hal-hal yang menimbulkan monopoli:

1.       Adanya penguasaan bahan mentah

2.       Adanya penguasaan teknik produksi tertentu

3.       Adanya hak aten untuk produk tertentu

4.       Adanya lisensi

5.       Monopoli yang diperoleh secara alamiah (faktor alam seperti kesuburan tanah disuatu wilayah yang menguntungkan bagi para pengusaha tanaman)

 

b.      Jelaskan perbedaan prinsipil antara perusahaan monopoli dengan pasar persaingan sempurna!

Jawab:

Pada perusahaan monopoli, harga ditentukan oleh monopolis (price setter). Sedangkan pada pasar persaingan sempurna harga ditentukan oleh pasar (price taker)

 

c.       Mengapa monopoli di Indonesia tidak diperkenankan? Jelaskan jawaban Anda!

Jawab:

Karena monopoli menggambarkan suatu keadaan dimana terdapat seseorng atau sekelompok orang yang menguasai suatu bidang tertentu secara mutlak, tanpa memberikan kesempatan kepada orang lain untuk ikut ambil bagian. Monopoli ini menyebabkan penguasaan pasar bagi monopolis. Akibat dari penguasaan pasar yang hanya dikuasai oleh sejumlah pelaku usaha ini membuka peluang untuk menghindari dan mematikan bekerjanya mekanisme pasar (market mekanism) sehingga harga-harga ditetapkan secara sepihak dan merugikan konsumen. Apalagi jika produk yang dimonopoli adalah kebutuhan primer, dapat dipastikan mereka akan mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya sedangkan masyarakat sendiri tidak ada pilihan lain kecuali membeli produk monopoli tersebut. Selain itu monopoli dapat membuat adanya persaingan antara pelaku-pelaku usaha yang terjadi secara curang karena keinginan untuk menjadi yang paling kaya dan paling berkuasa dengan memperoleh keuntungan yang setinggi-tingginya dalam waktu yang relatif singkat. Dalam hal ini merugikan konsumen bahkan negara dan mengganggu sistem mekanisme perekonomian yang sedang berjalan. Sehingga dapat dikatakan bahwa monopoli di Indonesia tidak diperkenankan.

           

d.      Dalam keadaan bagaimana seorang monopolis dalam jangka pendek mendapatkan keuntungan maksimum. Jelaskan dengan menggunakan gambar!

Jawab:

Keuntungan maksimum akan dicapai ketika pengusaha memproduksi dan menjual produknya pada tingkat dimana MR sama dengan MC.

 


 

Terlihat bahwa ekuilibrium jangka pendek terjadi pada titik E dimana MC = MR. Pada kondisi ini produk yang dijual adalah 0Q* dengan harga 0P* dan rata-rata biaya total 0C*( = C*B ). Keuntungan per unit adalah 0P* – 0C* = P*C* Sehingga keuntungan monopoli jangka pendek adalah P*C*x 0Q*= P*ABC*( luas terarsir).


 

e.       Monopoli kendatipun mempunyai dampak negatif terhadap mekanisme pasar. Ternyata masih dapat dikendalikan. Coba Anda jelaskan bagaimana mengendalikan monopoli!!

Jawab:

Monopoli kendatipun mempunyai dampak negatif terhadap mekanisme pasar. Namun ternyata masih dapat dikendalikan melalui intervensi atau campur tangan pemerintah dengan cara:

1.       Menetapkan undang-undang antimonopoli. Misalnya di Indonesia telah mengeluarkan peraturan perundang-undangan tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat, yaitu undang-undang No. 5 tahun 1999.

2.       Menetapkan peraturan pengenaan wajib pajak bagi perusahaan monopoli.

3.       Menetapkan peraturan langsung terhadap harga yang dijual oleh monopolis

4.       Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor

5.       Menetapkan harga eceran tertinggi (HET)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Pesan Inspiratif dari Guru untuk Murid: Menumbuhkan Semangat Belajar dan Karakter Positif

Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk masa depan generasi penerus bangsa. Selain mentransfer ilmu pengetahuan, guru juga memberikan arahan dan motivasi yang sangat berharga. Pesan-pesan yang disampaikan oleh guru tidak hanya berfokus pada materi pelajaran, tetapi juga mencakup pembentukan karakter dan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa pesan inspiratif yang dapat memberikan motivasi dan arahan kepada para murid agar terus berkembang, baik dalam hal akademik maupun dalam hal pribadi. 1. Jangan Pernah Takut Gagal Pesan pertama yang penting adalah mengajarkan murid untuk tidak takut gagal. Gagal bukanlah akhir dari segalanya, tetapi sebuah pelajaran yang dapat membawa kita lebih dekat pada kesuksesan. "Gagal adalah bagian dari proses belajar. Setiap kegagalan mengajarkan kita bagaimana cara untuk lebih baik lagi. Jangan takut gagal, karena dari kegagalan kita bisa menemukan cara yang lebih tepat untuk meraih tujuan." 2. Proses Lebi...

Contoh Dokumen Sumber Internal dan Eksternal Dalam Akuntansi

          Transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan tentunya akan dicatat dan dibuatkan laporan keuangan. Transaksi tersebut pastinya mempunyai bukti fisik berupa sumber internal maupun sumber eksternal. Berikut ini adalah contoh dokumen sumber dalam akuntansi yang terdiri dari sumber internal atau dokumen yang berasal dari internal perusahaan dan sumber eksternal atau dokumen yang berasal dari luar perusahaan. Sehingga, dengan adanya bukti transaksi ini merupakan hal penting untuk membuat catatan dan laporan keuangan suatu perusahaan bisnis. Dokumen Sumber Internal 1. Bukti Kas masuk Bukti kas Masuk adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah menerima uang secara cash ataupun secara tunai. Fungsi bukti kas masuk untuk mencatat dana kas yang masuk ke perusahaan, dana masuk ini diluar dari transaksi yang ada pada program. 2. Bukti Kas Keluar Bukti kas Keluar adalah tanda bukti bahwa perusahaan sudah mengeluarkan uang. Seperti misalnya pembayar...

Kartu Ucapan Guru: Pesan-Pesan Motivasi untuk Siswa

Menerima rapor adalah momen penting bagi setiap siswa, karena itu adalah bukti dari kerja keras mereka selama satu semester. Namun, lebih dari sekadar nilai, yang tak kalah penting adalah apresiasi dan dukungan dari guru yang dapat memotivasi siswa untuk terus berkembang. Pada artikel ini, menyajikan 16 contoh pesan positif dari guru kepada siswa yang memberikan penghargaan atas usaha mereka selama belajar. Pesan-pesan ini tidak hanya memberikan semangat, tetapi juga mengingatkan siswa untuk terus berusaha, menghargai proses, dan percaya pada potensi diri mereka. Yuk, simak contoh pesan-pesan yang menginspirasi dari guru untuk muridnya! : 1 . “Kamu hebat banget! Terima kasih sudah belajar dengan semangat di kelas ini. Jangan lupa terus berusaha dan selalu percaya diri ya. Masa depanmu cerah banget!” 2. “Wah, kerja kerasmu selama ini bikin Ibu/Bapak bangga banget. Terus rajin belajar dan jangan cepat puas ya. Kamu pasti bisa capai mimpi-mimpimu!” 3. “Kamu sudah menunjukkan perkemb...